Minggu, 17 Maret 2013

Tegal Tempo Dulu


Nah kali ini saya mau kasih info tentang kota Tegal , yuuk langsung cekidot !



Kota Tegal

adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah Indonesia. Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Tegal di sebelah timur dan selatan. Hari jadi kota Tegal adalah 12 April 1580.



Epistemologi

Tegal, berdasarkan hasil pengamatan bukan berasal dari bahasa Portugis tetegual, tetegull, tetegal karena tidak ada arti dan makna untuk bahasa Portugis sebagaimana klaim keliru Tome Pires, Tegal dalam banyak versi mengacu kepada tegalan (ladang) atau tetegil atau nama sebuah desa yang pada mulanya adalah bagian dari Kabupaten Pemalang yang setia kepada trah Pajang. Nama Tegal hanya ada satu di dunia, di Indonesia, pada koordinat 108°57’6 sd 109°21’30 BT dan 6°50’41″ sd 7°15 15’30″ LS.



Geografi

Tegal terletak 165 km sebelah barat Kota Semarang, atau 329 km sebelah timur Jakarta. Tegal memiliki lokasi yang strategis, karena berada di jalur pantai utara (pantura) Jawa Tengah, serta terdapat persimpangan jalur utama yang menghubungkan pantura dengan kota-kota di bagian selatan Pulau Jawa.
Pertumbuhan Kota Tegal juga berkembang ke arah selatan di wilayah Kabupaten Tegal, yakni di Kecamatan Dukuhturi, Talang, Adiwerna dan Slawi.
Stasiun kereta api Tegal menghubungkan kota ini dengan kota-kota lain di Pulau Jawa. Beberapa kereta api yang singgah di stasiun ini adalah: Senja Utama dan Fajar Utama (Jakarta - Semarang), Sembrani (Jakarta - Surabaya), Matarmaja (Jakarta - Malang), Bangunkarta (Jakarta - Jombang), Harina (Bandung - Semarang), dan Kaligung (Tegal - Semarang). Pada era 1960-an kota Tegal pernah memiliki landasan udara Martoloyo yang diresmikan oleh Presiden Sukarno.
Jika diukur dengan jarak tempuh antara Jakarta dan Surabaya, Kota Tegal kira-kira berada di tengah-tengahnya. Posisi strategis yang didukung dengan infrastruktur yang memadai menjadikan kota Tegal sebagai kota transit. Hal tersebut berdampak pada hidupnya usaha di bidang jasa pariwisata, terutama perhotelan.



Pemerintahan

Kota Tegal terdiri 4 kecamatan, yakni Tegal Barat, Tegal Timur, Tegal Selatan, dan Margadana.
Balai kota Tegal semula menempati gedung yang kini digunakan untuk gedung DPRD Kota Tegal. Namun sejak tahun 1985, pusat pemerintahan dipindahkan ke bekas pendopo Kabupaten Tegal, yakni di kawasan alun-alun. Kolonel Laut (Purn) Adi Winarso, S.Sos adalah putra Tegal pertama yang menjabat sebagai Walikota selama dua periode yakni 1999-2004 dan 2004-2009.
Tahun 2008 menandai sejarah baru kepemimpinan Kota Tegal, karena tahun itu pula untuk kali pertama Walikota dipilih secara langsung oleh rakyat Kota Tegal. Hasilnya, secara mutlak pasangan Ikmal Jaya, SE Ak/ Ali Zainal Abidin, SE terpilih sebagai pemimpin baru melalui Undang-undang politik baru. Mereka dilantik pada tanggal 23 Maret 2009 oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.
Nih Foto-foto Tegal Tempo Dulu :

Kantor POS Tegal
Pasar Pagi


Pelabuhan
Kolam Renang Samudera
Stasiun Tegal
Stasiun Tegal 1988
Bioskop Dewi

Nah itu tadi sedikit info kota Tegal Tempo Dulu , semoga bermanfaat :)
Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tegalhttp://infotegal.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berikan Tanggapan Anda...